Alat Peraga

1 Ruang Peragaan dan Alat Peraga
Ruang peraga adalah salah satu ruang dalam pusat peragaan, dimana di ruang peraga pengunjung dapat berinteraksi langsung, merancang, merakit dan memperagakan sebuah alat peraga sesuai dengan metode yang ada.
Alat peraga ditata dengan mempertimbangkan alur untuk mempermudah pengunjung memainkan dan memperagakannya. Secara umum, alat peraga adalah sebagai alat bantu sehingga mempermudah pemahaman dalam proses belajar. Berbagai sudut pandang, maksud atau tujuan tertentu menyebabkan timbulnya berbagai pendapat para ahli yang menjelaskan pengertian alat peraga.
a. Menurut Gagne, alat peraga adalah komponen sumber, yang menjelaskan bahwa alat peraga sebagai: “ komponen sumber belajar di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar”.
b. Menurut Briggs, alat peraga adalah penghubung yang mengkomunikasikan materi (pesan kurikuler) agar terjadi proses belajar. Sehingga mendefinisikan alat peraga sebagai “wahana fisik yang mengandung materi pembelajaran”.
c. Menurut Wilbur Schramm, alat peraga dalam pendidikan sebagai suatu strategi untuk menyampaikan pesan, yang didefinisikan, sebagai berikut: “Alat
peraga adalah tehnologi pembawa informasi atau pesan pembelajaran”.
Dari definisi alat peraga yang dijelaskan dari beberapa ahli, sehingga muncul dua kategori alat peraga yaitu alat peraga yang melatih daya psikomotorik otak dan alat peraga sebagai panjangan tanpa melakukan kontak langsung yang hanya mengandalkan kontak visual saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s